Home Kesehatan Terlalu Banyak Olahraga Bisa Akibatkan Wanita Mandul, Benarkah?

Terlalu Banyak Olahraga Bisa Akibatkan Wanita Mandul, Benarkah?

71
0

Sebagai bentuk dari gaya hidup sehat, olahraga disarankan dilakukan secara rutin. Minimal seminggu 3 kali kita disarankan untuk menggerakkan tubuh. Tak hanya untuk yang berdiet, namun juga untuk semua orang yang ingin menjaga vitalitas tubuh.

Berolahraga, bagi sebagian orang justru menjadi candu. Rasanya ada yang kurang jika tidak berolahraga, bahkan ada yang mengaku badannya ‘menagih’ jika tidak berolahraga dalam sehari. Wah, kalau sudah kecanduan begini, bagaimana ya?

Para ahli menyatakan, terlalu giat berolahraga ternyata ada hubungannya dengan kesuburan seseorang. Dilansir oleh boldsky.com, perempuan yang terlalu giat berolahraga memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi dan hormon tiroid yang lebih rendah. Kedua faktor ini dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam hal mengatasi stress dalam waktu lama. Hal ini dapat berdampak buruk pada keseimbangan hormon dan kesuburan secara keseluruhan.

Jika dilihat dari sisi lemak di tubuh, olahraga memang dapat memangkas lemak-lemak jahat. Akan tetapi, sebuah penelitian menyatakan olahraga yang dilakukan secara ekstrim akan memangkas habis lemak-lemak di tubuh. Pada wanita, lemak berpengaruh pada tingkat kesuburan.

Lalu, olahraga seperti apa yang disarankan para ahli untuk wanita? Yoga, aerobik, renang dan jogging adalah olahraga yang baik untuk membangun stamina wanita. Sebaliknya, olahraga angkat beban dan olahraga yang memaksa tubuh hingga terlalu capek harus dihindari. Selain itu, penting diperhatikan untuk mengatur berat badan yang seimbang, jangan sampai obesitas atau terlalu kurus. Sesuaikan dengan Indeks Massa Tubuh kamu.

Olahraga memang baik untuk kesehatan, tetapi jika kamu kebablasan tentunya akan berbalik menjadi bahaya bagi tubuh. Tetap menjaga kesehatan sesuai porsinya ya, Cuters.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here