Home Kesehatan Ternyata Daun Sendok Dapat Mengobati Batu Ginjal!

Ternyata Daun Sendok Dapat Mengobati Batu Ginjal!

158
0

Penyakit yang cukup sering dialami masyarakat adalah pembentukan batu pada ginjal maupun daerah saluran kencing. Batu di dalam ginjal ini dapat terbuat dari berbagai senyawa pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama senyawa oksalat. Dalam kondisi tertentu, senyawa oksalat berbentuk larutan sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh melalui air kencing, namun dalam kondisi lain, senyawa tersebut dapat bereaksi dengan ion kalsium oksalat yang sukar larut dan cenderung membentuk kristal. Semakin lama kristal tersebut akana semakin besar sehingga membentuk gumpalan batu. Batu pada ginjal tersebut dapat menggangu fungsi ginjal maupun saluran kencing.

Batu ginjal yang sudah berukuran besar, biasanya tidak dapat dikeluarkan dari ginjal secara alami. Akibatnya, batu akan menghambat proses pengeluaran air kencing. Bila sudah demikian, batu yang menyumbat harus dikeluarkan melalui operasi. Namun, walaupun sudah dikeluarkan, tetap saja ada kemungkinan terbentuknya batu ginjal yang baru kalau penyebab terbentuknya batu ginjal belum diketahui dengan jelas.

Anda bisa mengatasi batu ginjal dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional disekitar kita. Salah satunya denganĀ  memanfaatkan daun alpukat dan daun sendok. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah.

Bahan

Daun Alpukat 7 Helai

Daun Sendok 4 lembar

Air 2 Gelas

 

Cara Membuat

Daun aplukat dan daun sendok dicuci bersih, lalu dipotong kecil-kecil. Masukan bahan dalam wadah yang terbuat dari tanah dan tambahkan 2 gelas air. Didihkan beberapa bahan tersebut selama 15 menit. Setelah itu, biarkan airnya menjadi hangat tanpa membuka tutup wadah, lalu disaring. Minum dua kali sehari masing-masing 3/4 gelas selama 15 hari.

 

Oleh karena terbentuknya batu ginjal yang bisa terjadi pada setiap manusia maka sangat dianjurkan untuk melakukan upaya pencegahan. Salah satunya ialah dengan meminum banyak air agar banyak kencing. Dengan cara ini makan adanya batu-batu ginjal yang masih kecil dapat dikeluarkan bersama dengan kencing. Jika batu ginjal yang kecil langsung keluar, tidak ada kesempatan terbentuknya batu ginjal yang besar.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here