Home Kesehatan Ternyata Ini Dia Penyebab Rambut Berkutu

Ternyata Ini Dia Penyebab Rambut Berkutu

138
0

Kutu rambut merupakan parasit yang muncul di kepala manusia. Ukuran tubuh organisme ini sangat kecil, sehingga secara sekilas sulit terlihat oleh mata. Saat baru menetas, ukuran kutu rambut lebih kecil daripada ujung kepala peniti. Ketika sudah dewasa, ukurannya hanya sebesar biji wijen. Masa tetas telur kutu berkisar antara delapan hingga sembilan hari. Masa hidup kutu dari sejak kecil, dewasa, hingga mati bisa mencapai 40 hari. Kutu rambut hidup dari menghisap darah manusia dari kulit kepala.

Orang yang memiliki kutu rambut kerap merasakan gatal pada kepalanya. Rasa gatal bukan berasal dari gigitan kutu rambut pada kulit kepala, melainkan akibat reaksi alergi terhadap parasit tersebut. Oleh karena itu, bagi orang yang tidak alergi terhadap kutu rambut, tidak akan menyadari mengenai keberadaan mereka di kepala.

Dilansir dari laman alodokter.com, Kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular antarmanusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui:

  • Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.
  • Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda yang dipakai bersama yang telah terkontaminasi kutu rambut atau telurnya. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, dan baju.

Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut seseorang.

Penularan kutu rambut lebih sering terjadi di dalam keluarga atau di kalangan anak-anak yang aktif berinteraksi dan melakukan kontak fisik dengan teman-teman sebaya.

kutu-rambut-alodokter

Mendeteksi keberadaan kutu rambut

Karena secara kasatmata keberadaan kutu rambut sulit terlihat, maka cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir khusus yang dapat menjaring atau menangkap kutu rambut karena dilengkapi dengan gigi-gigi yang berjarak rapat, yaitu sekitar nol koma dua hingga nol koma tiga milimeter. Sisir yang terbuat dari plastik atau kayu ini bahkan dapat menjaring anak maupun telur kutu.

Ada dua cara menggunakan sisir serit, yaitu dengan cara basah atau kering. Dengan cara basah:

  • Cuci rambut terlebih dahulu dengan sampo apa saja.
  • Gunakan kondisioner untuk melembutkan rambut.
  • Sisir rambut dengan menggunakan sisir biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut agar tidak menghalangi pergerakan sisir serit nantinya.
  • Gunakan sisir serit perlahan-lahan dari kulit kepala, lalu tarik sisir hingga ke ujung rambut.
  • Periksalah sisir serit Anda apakah ada kutu, atau bahkan telur kutu pada permukaan sisir atau yang terselip di antara gigi-gigi sisir.
  • Ulangi cara ini hingga seluruh rambut tersisir secara merata.
  • Untuk mencegah kutu rambut jatuh ke lantai dan sulit untuk dilihat, maka alasi lantai dengan kain atau kertas berwarna putih.

Langkah-langkah menggunakan sisir serit dengan cara kering hampir tidak jauh berbeda dengan cara basah. Bedanya rambut tidak perlu dikeramas dengan sampo atau dilembutkan terlebih dahulu dengan kondisioner. Namun cara pertama dianggap lebih akurat karena kutu tidak akan bergerak jika rambut kita dalam keadaan basah.

Selain pada diri Anda sendiri, lakukanlah pendeteksian dengan sisir serit ini pada keluarga, terutama pada anak Anda. Jika hasil penyisiran memperlihatkan adanya kutu atau telur, maka segeralah lakukan pengobatan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here