Home Kesehatan Tidur Di Samping Gadget Picu Kersakan Otak

Tidur Di Samping Gadget Picu Kersakan Otak

74
1

Meski dalam kehidupan sehari-hari Anda tak bisa lepas dari smartphone dari pagi hingga sore, tapi jangan sampai Anda tidur juga di samping gadget dengan keadaan menyala Cuters. Anda pasti sudah sering mendengar bahwa tidur dengan gadget tidak baik karena adanya radiasi elektromagnetik dari gadget yang bisa mengganggu kesehatan.

Tapi bukan hanya itu saja yang membahayakan dari tidur bersama gadget. Alasan pertama, gadget bisa menurunkan kualitas tidur. Handphone mengeluarkan semacam sinar biru yang memberi sinyal kepada neuron otak untuk bangun. Sedangkan alam bawah sadar memberi sinyal untuk tidur karena malam hari.

Hal ini bisa membingungkan tubuh, dan  Anda akhirnya sulit tidur. Dalam keadaan gelap dan mengantuk pun, Anda masih tak bisa cepat tidur dan membutuhkan waktu untuk bisa terlelap. Untuk menghilangkan efek sinar dari handphone, dianjurkan Anda mematikan gadget 2 jam sebelum tidur.

Meski tak ada bukti ilmiah handphone bisa menyebabkan kanker, tapi barang elektronik ini mengeluarkan radiasi gelombang radio yang tak terlihat namun diklasifikasikan sebagai salah satu pemicu munculnya potensi karsinogenik di tubuh. Hal ini diungkapkan oleh  Agency for Research on Cancer (IARC). Ini juga yang jadi alasan kedua.

Tanpa Anda sadari, frekuensi gelombang radio ini menyebar radikal bebas yang merusak otak. Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menjauhkan gadget atau handphone dari kepala. Cara terbaik adalah tidak tidur dengan handphoe di samping kepala serta hindari telepon langsung menempelkan handphone di telinga.

Jika memang Anda butuh memasang alarm dari handphone, taruh handphone di meja yang jauh dari jangkauan atau di lantai. Anda tetap bisa mendengar suara alarm namun mengurangi risiko terpapar sinar biru dan gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan handphone.

Dengan cara ini juga Anda bisa mengurangi aktivitas malam hari yang membuat terjaga karena sibuk melihat media sosial sekaligus menjaga kesehatan otak dari kerusakan yang bahkan tidak Anda rasakan.

SHARE

1 COMMENT

  1. Terimakasih banyak atas artikelnya, semoga dengan banyaknya artikel yang memuat tentang dampak radiasi elektromagnetik, masyarakat kita semakin sadar dan bijaksana dalam menggunakan perangkat telekomunikasi digitalnya.

    Salam sehat selalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here