Home Tips Tips Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi

Tips Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi

703
0

Tips Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi

Tips Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi

Santan adalah kompenen penting untuk pembuatan berbagai macam makanan. Tentunya akan sangat merepokan apabila kita harus selalu memarut kelapa terlebih dahulu untuk mendapatkan santan.

Memang bisa menggunakan santan cepat saji yang tersedia di toko-toko. Tetapi kali ini, ada tips khusus agar santan yang sudah kita peras tidak mudah basi.
Cara menyimpan santan kelapa agar tidak mudah basi bergantung pada kapan Anda akan menggunakannya. Berikut tipsnya:

Menyimpan santan dalam jangka pendek

  1. Cara pertama: masukkan caai merah ke dalam santan sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Santan akan segar selama beberapa hari.
  2. Cara kedua: masukkan satan dalam wadah atau plastik tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Santan bisa bertahan 4-6 hari.
  3. Cara ketiga: parut kelapa yang belum diperas, siram dengan air panas terlebih dahulu, lalu didinginkan. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pendingin. Peras parutan kelapa jika hendak digunakan.
  4. Cara keempat: parut kelapa disiram air panas atau direbus lalu dinginkan. Simpan dalam wadah (tidak dalam kulkas) dan rebus kembali setiap 6 jam. Santan bisa bertahan selama 24 jam.

Menyimpan santan dalam jangka panjang

  1. Cara pertama: rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, dan taruh dalam plastik. Setelah itu masukkan ke dalam frezzer. Santan bisa bertahan selama 1 bulan.
  2. Cara kedua: simpan santan dalam plastik atau wadah tertutup rapat. Masukkan ke dalam freezer dan biarkan beku. Dengan cara ini, santan bisa bertahan sampai 3 bulan. Carikan sekira 24 jam sebelum digunakan.
  3. Cara ketiga: simpan dengan cara pengalengan. Dengan cara ini, santan bisa bertahan selama 2 tahun.

Semoga bermanfaat Cuters!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here