Home Kesehatan Tips Ampuh Mengobati Kutu Di Rambut

Tips Ampuh Mengobati Kutu Di Rambut

74
0

Sebelum mengobati kutu rambut dengan menggunakan obat-obatan, sebaiknya lakukan penanganan dengan cara sederhana terlebih dahulu. Dilansir dari laman alodokter.com, cara sederhana ini sama seperti langkah-langkah mendeteksi keberadaan kutu rambut dengan memakai sisir serit. Metode penyisiran yang sebaiknya digunakan adalah dengan cara basah.

Lakukan prosedur ini secara berkala, yaitu pada hari ketiga, keenam, kesembilan, keduabelas, dan kelimabelas. Jarak waktu ini bertujuan agar Anda dapat membersihkan seluruh kutu rambut, termasuk anak-anak kutu yang baru menetas sebelum mereka menjadi dewasa dan berkembang biak.

Jika pembersihan menggunakan sisir rambut belum berhasil, cobalah untuk menggunakan obat antiparasit yang dijual bebas di apotek. Salah satunya adalah permethrin. Efek samping obat ini tergolong ringan, yaitu rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Ikutilah petunjuk penggunaan permethrin yang tertera pada kemasan obat.

Pemeriksaan ke dokter hanya dianjurkan jika obat kutu rambut yang Anda beli langsung di apotek tidak menunjukkan hasilnya. Kemungkinan dokter akan meresepkan obat seperti:

Malathion. Obat antiparasit berbentuk sampo ini berisi kandungan alkohol tinggi dan hanya boleh digunakan pada orang-orang di atas usia 6 tahun. Untuk petunjuk penggunaan malathion, ikuti saran dokter atau baca informasi yang tertera pada kemasan obat.

Lindane. Obat antiparasit ini sebenarnya masuk ke dalam kategori obat keras dan dilarang digunakan oleh mereka yang memiliki riwayat kejang-kejang, positif HIV, wanita mengandung, dan memiliki berat badan di bawah 50 kilogram. Lindane untuk kutu rambut tersedia dalam bentuk sampo.

Jika Anda sudah menghilangkan kutu pada rambut. Selanjutnya, lakukan pencegahan agar Rambut Anda tetap terbebas dari kutu rambut yang menyebalkan.

  1. Hindari kontak kepala dengan kepala saat melakukan aktivitas di dalam rumah atau di luar rumah.
  2. Rutin memeriksa keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit sebagai penanganan dini sebelum menyebar pada orang lain.
  3. Sebisa mungkin menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan jika perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
  4. Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, pakaian, dan sebagainya untuk mencegah penularan kutu rambut.

Kalau sudah tahu bagaimana cara mengatasi dan mengobati kutu rambut, sekarang tentunya Anda bisa lebih berhati-hati. Kutu memang kecil tapi perkembangannya sangat cepat dan tentu saja sangat mengganggu Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here