Home Ibu dan Anak Tips Cerdas Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

Tips Cerdas Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

90
0

Motivasi merupakan hal yang begitu penting. Sebab bersama dengan motivasi, seseorang akan terpacu untuk meraih dan menggapai prestasi dalam hidupnya. Berbeda dengan orang dewasa yang dapat dengan mudah mengatasi kurangnya motivasi, anak-anak memiliki kesulitan yang cukup besar dalam mendapatkan inspirasi jika tidak ada dorongan atau motivasi dari orang tertentu yang dapt mereka percayai.

Lantas apa yang akan terjadi jika anak anda mengalami malas belajar? kekhawatiran kondisi anak yang malas dapat berlanjut mungkin akan terus menghantui anda setiap saatnya. Untuk itu satu-satunya cara agar anak mau belajar adalah peran orang tua yang dapat mengupayakan segala cara agar semangat anak untuk belajar bisa kembali hadir. Nah Bunda, berikut ini tips cerdas memotivasi anak agar mau belajar yang bisa Bunda terapkan pada si kecil.

1. Sering berkomunikasi
Sama anak seorang Bunda harus pandai mengatur waktu dan membagi kasihnya pada anak, jangan terlalu sibuk dengan urusan rumah, kantor, bahkan ngerumpi dengan tetangga, biasakan mengobrol dengan anak dan ciptakan keserasian agar hubungan yang terjalin semakin erat dan hal ini juga akan membuat anak semakin mudah untuk diatur.
Seperti contoh ajaklah anak mengobrol tentang kesehariannya seperti sekolah, atau teman-temannya. siapa tahu anak akan menceritakan kenapa dia sulit dan malas belajar.
2. Menjadi Contoh Yang baik
Jika bunda telah berhasil merayu anak, lalu anak itu juga sudah mau belajar, sebaiknya Bunda tetap ada disamping anak bunda. sambil membaca buku atau majalah disampingnya. Cara ini bisa memotivasi anak agar mau belajar. Jangan malah menonton TV atau memainkan handphone disampingnya, nanti yang ada sikap malas akan hadir ketika sering melihat Bundanya bersantai.
3. Atur jam belajar anak
Mulai sejak dini sebaiknya Bunda harus mengatur waktu anak, bahkan dalam hal belajar. tapi tetap beri kebebasan pada anak, hal ini akan membuat anak terbiasa dengan rutinitas waktu yang memang sudah disepakati. contohnya tetapkan belajar anak sekitar jam 5 sore setelah ia bermain, atau anda juga bisa memberi sedikit kejutan jika anak anda tepat waktu.
4. Jadikan Suasana Belajar Menyenangkan
Biasanya seorang anak memiliki cara sendiri untuk belajar, mungkin jika selama ini bunda memberikan suasana belajar yang sangat menjenuhkan, ada baiknya bunda memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya jika anak sedang belajar matematika, anda bisa memberikan tebak-tebakan mengenai matematika. Cara ini cukup efektif loh bunda.
5. Bunda Harus Sabat
Kunci utama untuk mengajak anak senang belajar adalah dengan tetap tenang dan sabar, kendalikan emosi bunda saat anak sulit disuruh untuk belajar, karena mengajak anak belajar dengan cara memarahi, menggentak atau mengancam tidak akan menghasilkan apapun, malah sang anak akan semakin malas belajar karena fokus pada emosi orang tuanya. Jika Bunda tetap tenang dan sabar, cepat atau lambat anak akan menuruti kita kok, perlu di ingat juga bunda. Biasanya seorang anak akan mengikuti watak dan prilaku orang tuanya, maka itu tetap tenang dan positif ya bunda
Semoga tips diatas bermanfaat untuk Bunda yang ingin memiliki buah hati yang tidak lagi malas belajar.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here