Home Hijab Tips Hijab Tetap Rapi Tanpa Ciput

Tips Hijab Tetap Rapi Tanpa Ciput

109
0

Ciput atau inner biasa dipakai sebagai dalaman jilbab untuk mendukung penampilan para muslimah. Ciput digunakan untuk mencegah rambut berantakan sehingga helainya tidak keluar dari kerudung. Tak hanya itu, ciput juga membuat jilbab tetap rapi dan mencegah rambut terlihat saat memakai scarf tipis. Meski demikian, beberapa hijabers kurang suka menggunakan dalaman karena akan membuat rambut mudah lembab serta berkeringat terutama di musim panas. Bagi Cuters yang enggan memakai ciput, dikutip dari laman wolipop.detik.com berikut triknya agar rambut tak mudah berantakan.

1. Pakai Jepitan
Jika malas menggunakan ciput Anda bisa memakai tambahan jepitan agar rambut tidak keluar dari kerudung. Jepit di bagian sisi kanan, kiri, serta tengah terutama bila memiliki poni. Pilih jepitan yang tipis dan berwarna gelap sehingga tidak tampak menjiplak di kerudung Anda. Namun untuk bagian rambut belakang bisa dikuncir seperti biasa namun pastikan sudah kencang.

2. Pakai Bandana
Salah satu alternatif pengganti ciput adalah bandana dengan bentuk yang cukup lebar. Pilih bandana berbahan ringan dan berwarna gelap atau netral agar tidak kelihatan dari luar kerudung. Bandana berguna agar anak rambut tidak berantakan dan mencegahnya keluar dari jilbab Anda. Jika takut bandana jatuh bisa sematkan jarum di kerudung agar bandana tetap pada tempatnya.

3. Dikepang
Cara lain untuk membuat rambut tetap rapi tanpa memakai inner dengan mengepangnya. Beragam gaya kepang rambut kini bisa diaplikasikan oleh para wanita. Selain mencegah rambut tidak mudah keluar dari kerudung, kreasi kepang juga bisa menghindari rambut kusut.

4. Tak Pakai Material yang Licin

vis
Ketika tidak ingin menggunakan ciput, sebaiknya pilih material kerudung yang tak licin seperti katun, kashmir atau viscose. Material viscose juga menjadi favorit para hijabers muda karena cocok diterapkan ke berbagai acara. Materialnya yang lembut tapi tidak licin sangat nyaman dipakai sehari-hari. Bahan viscose lebih mudah diatur tanpa menggunakan ciput. Hindari menggunakan material seperti sifon atau satin karena membuat kerudung sulit diatur ketika diaplikasikan tanpa ciput.

5. Kreasikan Jilbab
Agar rambut tidak keluar dari kerudung walau tak pakai ciput Anda harus tepat saat mengkreasikannya. Gaya konvensional dengan menyematkan jarum di bawah dagu bisa menjadi pilihan. Hindari mengkreasikan hijab seperti turban atau modifikasi lainnya yang berisiko leher kelihatan bila tak pakai ciput. Meskipun menggunakan busana turtle neck namun bila kreasi jilbabnya turban juga bisa berisiko memperlihatkan area leher Anda. Oleh sebab itu, perhatikan pemakaian kerudungnya.

 

Beberapa trik diatasĀ  yang bisa Anda praktekkan sendiri ketika berhijab. Pastikan untuk Anda mengenakan pakaian dan hijab yang sesuai dengan syariat Islam tapi tetap modis dan trendi ya Cuters

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here