Home Ibu dan Anak Tips Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan Agar Lebih Mudah

Tips Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan Agar Lebih Mudah

79
0

Proses menjelang dan saat persalinan adalah proses yang paling banyak ditakutkan oleh sebagian besar wanita selama masa kehamilannya. Hal ini disebabkan karena banyaknya statemen yang mengatakan bahwa proses persalinan adalah proses yang sangat menyakitkan bagi seorang wanita.

Meski tidak sepenuhnya salah, kita tidak perlu mengalami kekhawatiran yang berlebihan dalam menyambut proses kelahiran sang buah hati hanya karena statemen ini. Sebab, seperti disebutkan dalam laman www.justmommies.com, kita dapat melakukan beberapa tips yang bisa membuat proses persalinan terasa lebih mudah dan nyaman bagi ibu maupun sang bayi.

Nah, apa saja sih tips yang bisa membantu proses persalinan menjadi lebih mudah? Berikut selengkapnya.

  • Berlatih Metode Pernafasan

    Banyak berlatih metode pernafasan yang membantu untuk menenangkan diri saat menjalani proses persalinan tentu akan membuat persalinan terasa lebih ringan.

    Pasalnya, cara bernafas yang pelan dan fokus akan membuat Anda merasa lebih tenang saat akan menjalani proses persalinan. Nafas yang dalam, pelan dan teratur akan mengalihkan fokus Anda terhadap rasa sakit dan tidak nyaman yang Anda rasakan saat persalinan, sehingga proses persalinan akan terasa sedikit lebih mudah.

  • Melakukan Prenatal Yoga

    Yoga dapat membantu Anda untuk menenangkan pikiran sekaligus menguatkan tubuh  Anda saat akan menghadapi proses persalinan. Calon ibu harus berhati-hati dengan hanya mengambil kelas “Prenatal Yoga” untuk memastikan bahwa gerakan dan latihan yang dilakukan aman untuk Anda dan buah hati dalam kandungan Anda.

  • Menjaga Nutrisi dan Diet

    Berat badan yang sehat selama masa awal kehamilan akan membantu tubuh untuk mempersiapkan proses persalinan dengan lancar. Mengonsumsi nutrisi yang seimbang selama masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan Anda dan juga si kecil yang berada di dalam rahim Anda.

    Beberapa tips untuk menjaga nutrisi tetap seimbang selama kehamilan adalah dengan mengonsumsi banyak air mineral, membatasi makanan-makanan yang mengandung zat additif, menghindari kafein, serta banyak mengonsumsi buah dan sayur.

  • Mendengarkan Musik

    Ingin suasana di dalam kamar bersalin terasa lebih menenangkan? Alunan musik akan membantu Anda. Pasalnya, beberapa hasil studi menunjukkan bahwa musik yang menenangkan selama masa awal pembukaan akan membantu Anda menunda kebutuhan Anda terhadap penghilang rasa sakit.

    Seiring dengan progress pembukaan, musik yang upbeat akan membantu mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit menjelang persalinan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Bunda praktikkan untuk mengurangi rasa sakit selama proses menjelang dan saat persalinan. Semoga Anda mengalami proses persalinan yang lancar. Anda dan bayi selamat. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here