Home Ibu dan Anak Tips Langsing Setelah Melahirkan

Tips Langsing Setelah Melahirkan

79
0

Hampir semua wanita ingin cepat kembali langsing setelah melahirkan. Ada yang berhasil, banyak yang tidak. Latihan setelah melahirkan memang agak sulit. Sebagian wanita mengatakan sulitnya sama dengan saat hamil itu sendiri. Waktu dan energi yang tersita untuk mengurus bayi adalah alasan utama mengapa banyak ibu baru urung berolahraga. Alasan kedua, mereka tidak mengerti langkah-langkah yang benar untuk kembali ke masa-masa ketika olahraga menjadi bagian dari rutinitas.

Tapi, sulit bukan berarti mustahil. Dilansir dari laman meetdoctor.com, Berikut tips mudah kembali ke rutinitas olahraga dan meraih kembali tubuh yang ideal.

  • 1-6 minggu setelah melahirkan: Pemulihan

    Ada wanita yang segera kembali kelas gym dua minggu setelah melahirkan. Hal ini tidak direkomendasikan. Yang perlu Anda lakukan di minggu-minggu ini adalah istirahat agar tubuh cepat pulih luar dalam. Olahraga yang boleh Anda lakukan hanyalah senam kegel untuk mengembalikan kekencangan otot vagina. Silakan duduk dengan rileks dan lakukan gerakan otot dasar panggul seperti menahan pipis kemudian lepaskan. Ulangi sesuka Anda. Seberapa cepat Anda pulih tergantung pada berbagai faktor.

  • Anda sudah pulih dan siap latihan

    Mulailah dengan latihan yang tidak terlalu berat dulu. Berbaring terlentang, kedua tangan di samping tubuh. Luruskan kedua kaki, kemudian tekuk kaki kanan. Telapak kaki kanan menjejak lantai di samping lutut kiri. Lakukan bergantian dengan kaki yang lainnya, ulangi masing-masing 10 kali. Ulangi gerakan pertama sampai menekuk kaki kanan. Kemudian geser tumit kanan sepanjang lantai sampai kaki kanan lurus sejajar kaki kiri, lakukan sambil mengencangkan otot perut. Lakukan bergantian dengan kaki yang lainnya, ulangi masing-masing 10 kali. Jangan lupa lakukan kardio. Kardio bagus untuk membakar kalori dan lemakan. Berlari-lari kecil, squat atau melompat selama 20 detik untuk permulaan. Dua puluh detik adalah waktu yang singkat, Anda pasti bisa melakukannya segera setelah pulih melahirkan.

  • Sudah merasa lebih baik? Tingkatkan porsinya

    Begitu Anda merasa lebih kuat, itu saatnya meningkatkan porsi dan intensitas latihan. Pastikan tiga hal ini sebelum dan selama berlatih: Anda punya cukup energi, istirahat ketika tubuh sudah memintanya, cukup minum agar tidak dehidrasi. Mulai perpanjang sesi kardio dan latihan ketahanan Anda. Tetap teruskan latihan yang fokus pada bagian tengah tubuh.t

Cobalah gerakan yang menguji ketahanan di bawah ini:

  1. Berbaring terlentang, kedua lutut ditekuk 90 derajat, kaki menjejak lantai.
  2. Angkat kaki kiri bawah membentuk sudut 90 derajat dengan paha kiri.
  3. Telapak kaki tetap lurus. Taruh tangan kiri ke paha kanan.
  4. Tarik lutut kiri ke arah dada sambil kencangkan otot perut.
  5. Lakukan bergantian dengan kaki yang lainnya, ulangi masing-masingĀ 10 kali.

 

Setelah mengetahui bagaimana caranya, tentunya Anda sudah siap dong Bun untuk berlatih. Menjadi kurus setelah melahirkan nggak sulit kok. Yang penting berusaha semaksimal mungkin tapi tetap dengan prosedur yang tepat. Semoga berhasil!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here