Home Tips Tips Memilih Kepiting Segar

Tips Memilih Kepiting Segar

121
0

Kepiting atau rajungan jika sudah diolah memang memiliki daya tarik tersendiri. Jika cuters adalah penggemar kepiting tentu saja tidak pernah mempermasalahkan cangkangnya yang keras dan memiliki capit yang tajam. Karena dagingnya yang gurih dan lembut bisa kita nikmati setelah berkutat dengan cangkang yang keras tersebut. Di Restoran harga menu kepiting atau rajungan cukup menguras kantong. Jadi, apa salahnya mencoba untuk memasaknya sendiri dirumah? Sebelumnya jangan lupa memilih kepiting atau rajungan yang segar dulu ya cuters.

  1. Pilih kepiting atau rajungan yang segar dengan capit-capit dan jari-jarinya yang masih melekat erat.
  2. Pada kepiting, matanya yang masih bergerak-gerak menandakan kepiting masih hidup, dan tentu saja menunjukan kalau kepiting masih fresh.

Menyiapkan Kepiting/Rajungan Sebelum Diolah

Walaupun terikat, jangan coba-coba membersihkan kepiting/rajungan yang masih hidup. Dalam keadaan terikat, kepiting akan mati bila dicelupkan dalam air mendidih. Taoi karena terkejut dan terikat erat, capit dan kaki-kakinya akan patah dan terlepas dari badannya, sehingga saat disajikan penampilan kepiting sudah tidak sempurna lagi.

Cara yang lebih baik adalah, memasukkan kepiting hidup dalam freezer selama 10 menit supaya mati. Setelah mati, lepaskan tali pengikat, congkel kerapasnya dengan pisau, sikat dan bersihkan permukaannya, dan angkat lendir di dalam nya. Jangan angkat lemak nya yang berwarna kuning kehijauan atau kehitaman, karena bagian ini lezat dan gurih. Begitu juga dengan telur yang menempel di bagian dalam kerapsnya.

Angkat insang yang berbentuk perisai segitiga/bulat dan menempel di badan kepiting/rajungan, potong ujung jari-jarinya, cuci bersih dibawah air mengalir. Sebelum dimasak, memaskan capitnya ahar daging didalamnya mudah dikeluarkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here