Home Gaya Hidup Tips Mencegah Timbulnya Kanker Payudara Sejak Dini

Tips Mencegah Timbulnya Kanker Payudara Sejak Dini

631
0


Kanker payudara adalah suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Kanker ini merupakan salah satu penyakit yang serius, bahkan mematikan karena penyakit ini akan susah untuk disembuhkan jika sudah mencapai stadium akhir. penyakit ini mayoritas di derita oleh kaum perempuan, namun pria pun dapat terkena kanker payudara juga meskipun resikonya jika dibandingkan dengan wanita adalah 1:1000. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapat terhindar dari kanker payudara sejak dini.

1. Berolah raga
aktivitas olah raga yang rutin akan membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu, olah raga dapat mengurangi kadar estrogen, sehingga dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Tidak perlu berolahraga yang berat-berat, hanya dengan jalan kaki selama kurang lebih 30 menit akan menurunkan resiko kanker payudara 18%.

2. Kurangi Lemak
Lemak jenuh adalah lemak yang berbahaya dan dapat memicu terkena kanker payudara. Lemak jenuh diantaranya adalah lemak yang terkandung dalam daging, mentega, susu full cream dan asam lemak dalam mentega. Sedangkan lemak yang bisa membantu mencegah timbulnya kanker payudara adalahasam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon, dan ikan air dingin lainnya.

3. Banyak Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan mengandung pigmen karotenoid dan pigmen ini dapat mencegah timbulnya kanker payudara. Sayuran yang kaya akan pigmen karotenoid adalah wortel, bayam, dan semangka.

4. Menyusui
Para ibu yang menyusui akan memperkecil resiko terkena kanker payudara. Karena dengan menyusui para ibu dapat menekan timbulnya kadar estrogen yang menjadi penyebab timbulnya kanker payudara.

5. Tidak Merokok
Pasti anda semua sudah mengetahui banyak dampak negative yang ditimbulkan oleh rokok, salah satunya adalah kanker payudara. Wanita yang merokok di usia mudanya, kemungkinan besar dapat terkena kanker pada masa menopause.

6. Memeriksa Payudara Sendiri
Periksa payudara anda sendiri setiap kali selesai menstruasi (7-10 hari setelah menstruasi selesai). Lakukan pemeriksaaan ini setiap bulan sejak usia 20 tahun.

Itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah timbulnya kanker payudara sejak dini. Semoga bermanfaat ^_^

SHARE