Home Tips Tips Mengasah Pisau Dapur Yang Tumpul

Tips Mengasah Pisau Dapur Yang Tumpul

242
0

Pisau yang tumpul adalah musuh terburuk Anda saat di dapur. Pisau tumpul jauh lebih berbahaya dibandingkan pisau yang tajam sempurna. Karena, Anda cenderung menggunakannya dengan tekanan lebih besar, sehingga kemungkinan terluka akibat pisau tumpul jauh lebih besar.

Penting untuk mempertajam pisau dapur Anda dari waktu ke waktu agar lebih mudah memotong sayuran, daging, dan buah-buahan. Oleh karena itu, simak tips mengasah pisau dapur seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.
Gosok pada baja
Beli lempengan baja tebal berukuran kecil. Anda juga bisa menggunakan lempengan besi. Bilas baja atau besi dengan air, lalu letakkan di bawah sinar matahari selama setengah jam. Ketika sudah cukup panas, asah pisau dengan menggosokkannya ke besi atau baja tadi. Anda akan melihat asap dan percikan api yang keluar akibat gesekan. Untuk itu, hati-hati selama melakukan proses ini.
Gosok pada tongkat yang terbuat dari metal
Tongkat atau batangan yang terbuat dari metal sangat efektif digunakan untuk mengasah pisau. Benda ini sering digunakan banyak juru masak profesional untuk mempertajam pisau daging mereka.
Gunakan batu granit
Batu granit adalah alat lain yang tak kalah efektif digunakan untuk mempertajam pisau di rumah. Posisikan sisi tumpul pisau pada batu granit dan gosok selama 20 detik.
 
Knife sharpener
Kini, banyak toko dan supermarket yang telah menyediakan alat pengasah pisau khusus yang aman dan praktis. Namun, harganya cukup mahal dan hanya dapat digunakan untuk mempertajam beberapa jenis pisau.
 
Batu bata 
Batu bata juga dapat Anda manfaatkan sebagai pengasah pisau. Bata merah yang terbuat dari tanah liat adalah pilihan terbaik untuk mengasah pisau tumpul.
Rendam pisau
Setiap selesai mengasah, rendam pisau di dalam air sabun hangat selama 15 menit. Setelah itu, rendam kembali di dalam campuran satu cangkir air dan setengah cangkir cuka putih. Ini akan membuat pisau tahan lebih lama dan mencegah karat.
Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda cuters!
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here