Home Fashion Tips Menghemet Biaya Pernikahan

Tips Menghemet Biaya Pernikahan

383
0

Ingin Merencanakan pesta pernikahan  (wedding party) tapi memiliki biaya terbatas, biasanya  yang Ingin Nikah di Usia Muda jangan khawatir dan tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk merayakan pernikahan. Simak Tips Menghemet Biaya Pernikahan berikut agar tetap terjangkau:

1. Perencanaan

Buat rencana pernikahan jauh-jauh hari, untuk menghindari biaya dadakan yang akan membuat dana membengkak. Mulailah mencari lokasi wedding party, jumlah tamu yang akan diundang, atau mungkin paket wedding, dan sebagainya. Bandingkan beberapa lokasi yang Anda incar, dan pilih yang memberikan fasilitas paling lengkap dengan harga cukup murah.

2. Waktu menikah

Hindari musim pernikahan di bulan yang ramai untuk mengadakan hajat besar ini, misalnya setelah Lebaran. Ketika bukan musimnya, biasanya penyedia jasa pernikahan dan paket wedding lainnya bersedia memberikan diskon.

3. Gedung / Tempat / Rumah

Menggelar pernikahan tidak harus di tempat atau gedung yang mewah. Rumah sendiri pun dapat disulap menjadi tempat acara yang indah dan elok tergantung bagaimana Anda mendekorasinya. Dengan menggelar pernikahan di rumah, Anda bisa menghemat biaya tanpa mengeluarkan banyak uang.

4. MC dan Entertainment (Hiburan)

Meminta teman, keluarga atau kerabat Anda untuk menjadi MC di hari pernikahan bisa mengurangi biaya. Anda bisa juga meminta bantuan mereka untuk menyumbang tenaga. Misalnya jika ada teman yang pandai menari atau menyanyi, mintalah ia untuk menari atau menyanyi di hari pernikahan Anda.

5. Foto dan Video

Pernikahan adalah momen yang paling berharga. Karena itu, dibutuhkan seorang fotografer dan videografer untuk merekam hari istimewa ini. Minta teman yang memiliki peralatan lengkap dan berpengalaman dalam bidang fotografi dan videografi untuk menjadi fotografer dari seluruh acara pernikahan.

6. Undangan dan Suvenir yang Personal

Mendesain sendiri undangan di komputer kemudian menyerahkan ke percetakan dan dicetak dengan kertas yang tidak terlalu mahal. Demikian pula dengan suvenir yang bisa Anda buat beberapa bulan sebelumnya. Misalnya kipas, Flanel, Gantungan Kunci, PIN, potpourri, notes dan masih banyak lagi.

7. Makanan

Tidak perlu banyak-banyak memesan makanan. Yang penting bervariasi. Daripada terlalu banyak menaruh makanan di meja, lebih baik menyiapkan tempat makanan secara terpisah dengan menu yang berbeda dan dalam jumlah banyak. Selain mengurangi antrian, para tamu yang datang juga tidak akan merasakan kehabisan makanan karena bervariasinya makanan.

8. Membatasi Jumlah Tamu

Membatasi jumlah tamu akan mengurangi biaya pernikahan. Pilih dengan baik siapa saja yang akan Anda undang dari sekian banyak orang. Mulailah dari yang terdekat seperti keluarga, teman, hingga relasi dan rekan kerja Anda.

Demikian Tips Menghemet Biaya Pernikahan mulai dari Perencanaan, Waktu menikah, memilih tempat, MC Hiburan, Foto, undangan serta menyiapkan hidangan makanan untuk tamu. Semua dikonsep seminimalis mungkin, Semoga bermanfaat untuk sahabat Cuters yang Cute Abis.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here