Home Fashion Tips Menghilangkan Berbagai Macam Noda Pakaian

Tips Menghilangkan Berbagai Macam Noda Pakaian

276
0

Tips Menghilangkan Berbagai Macam Noda Pakaian

331479noda2-300x202

Noda pakaian itu ada bermacam-macam penyebabnya. Bisa dari minya, tinta dll. Dan seringkali susah untuk dibersihkan. Tenang, cuters! Nih ada tips untuk membersihkan beberapa noda yang membandel.

  1. Noda Minyak
    Biasanya noda ini akrab dengan pekerjaan yang berhubungan dengan mesin. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggosok-gosoknya dengan bensin atau minyak tanah, kemudian semprotkan bedak ke daerah yang ternoda. Proses ini berlaku untuk semua jenis pakaian.
  2. Noda Tinta dan Susu
    Cara menghilangkan noda tinta dan susu yaitu dengan es batu pada bagian yang terkena noda. Jika masih ada bekas-bekas yang tertinggal maka hilangkan denganĀ  cuka asam
  3. Noda Lemak
    Noda ini bisa dihilangkan dari baju katun dengan mencucinya dengan air hangat yang dicampur sodium. Sementara itu, pada baju-baju berbahan sutra, baik yg alami maupun yg sintetis, noda lemak bisa dihilangkan dengan bensin. Caranya dapat dilakukan dengan menggosokkan sepotong kain yang sudah dibasahi bensin pada bagian yang terkena noda, lalu semprot daerah yang terkena noda tersebut dengan bedak talk, kemudian hilangkan bedak tersebut dengan sikat yang lembut, dan ulangi proses ini berkali-kali.
  4. Noda Teh dan Kopi
    Jika baju yang terkena noda teh dan kopi berasal dari katun atau kapas, rendamlah pada larutan panas dari asam tartaric atau di dalam larutan panas dari boraks. Sementara itu, pada warna-warna yang permanen, noda jenis ini bisa dihilangkan dengan larutan air jaafiil.
  5. Noda Keringat
    Noda keringat sering terjadi di musim panas bisa dihilangkan dengan larutan penghilang warna jika memang baju yang terkena noda ini tidak berwarna atau berbahan katun putih. Namun, jika berwarna dan berbahan selain katun, noda bisa dihilangkan dengan larutan ultraoksida edrogen (air oksigen) yang telah dibubuhi amonia.
  6. Noda Buah-buahan
    Noda buah-buahan bisa diatasi dengan karutan boraks yang telah didihkan selamalima menit atau dengan larutan penghilang warna.
  7. Noda Darah
    Noda darah jika mengenai kain-kain katun berwarna dan bahan-bahan lainnya maka rendamlah kain-kain tersebut di dalam larutan boraks yang panas. Jika pakaian-pakaian yang terkena noda darah ini bisa dicuci, gunakanlah larutan penghilang warna untuk pakaian putih atau larutan boraks untuk yang berwarna. Namun, jika tidak boleh dicuci, buatlah adonan dari amonia dan tempelkan pada noda.

Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here