Home Kuliner Tips Menyimpan Makanan Di Kulkas

Tips Menyimpan Makanan Di Kulkas

443
0

Tips Menyimpan Makanan Di Kulkas

tips menyimpan makanan di kulkas

Tahukah cuter, kulkas tidak hanya mengawetkan makanan atau mendinginkan minuman. Tetapi kulkas juga bisa menghilangkan nutrisi di dalam makanan atau malah cepat busuk. Nah lo?

Bagaimana menyiasatinya?

  1. Makanan kemasan biasanya dilengkapi dengan masa kadaluarsa. Walau disimpan di lemari pendingin kalau sudah lewat masa kadaluarsanya sebaiknya jangan dimakan.
  2. Saat akan mencairkan makanan beku, keluarkan dari freezer sejak malam sebelumnya dan taruh di cooler. Kalau dicairkan di microwave, harus langsung dimasak karena makanan tersebut sudah setengah matang.
  3. Makanan olahan seperti kentang goreng atau nugget tidak perlu dicairkan tapi langsung digoreng saja. Sebelum menggoreng baca petunjuknya.
  4. Bahan makanan yang sudah dicairkan jangan dibekukan kembali. Lebih baik makanan tersebut dimasak lalu simpan di freezer lagi bila belum akan dimakan.
  5. Bahan makanan yang akan disimpan di freezer sebaiknya tidak disimpan dalam kemasan besar. Bagilah satu bagian untuk satu kali pakai menjadi beberapa bagian.
  6. Mentega, margarin dan jenis lemak lainnya yang disimpan di lemari pendingin harus dalam kemasan aslinya.
  7. Sebaiknya pintu kulkas tidak dibuka terlalu sering atau dalam waktu lama. Jika banyak udara hangat masuk ke dalamnya, maka embun beku bisa terakumulasi pada sistem pendingin.
  8. Makanan harus disimpan dengan cara yang benar sehingga udara dingin dapat bersirkulasi di sekitarnya. Makanan yang sama harus disimpan di rak yang sama sehingga saat dibutuhkan, Anda tahu dimana mencarinya.
  9. Bahan-bahan makanan berukura kecil, seperti keju, mentega, dan sebagainya, bisa disimpan pada rak bagian atas. Sementara, jangan pernah pernah menyimpan makanan panas di kulkas, tapi tunggu hingga suhunya mencapai suhu ruangan.
  10. Buah dan sayuran harus disimpan secara terpisah karena bahan-bahan segar tersebut dapat menghasilkan gas tertentu yang dapat menyebabkan makanan lainnya membusuk. Karenanya, gunakan selalu rak-rak terpisah yang ada di kulkas. Kemudian, buah tidak harus dicuci sebelum disimpan karena faktor kelembapan bisa menyebabkan buah cepat busuk.
  11. Telur harus disimpan dalam kemasan karton aslinya dan simpan di bagian atas kulkas. Bila disimpan dalam nampan di bagian dalam pintu kulkas, telur akan mudah busuk. Pasalnya, pintu merupakan bagian kulkas yang paling sering dibuka-tutup.
  12. Makanan yang memiliki umur simpan lebih lama bisa disimpan pada rak pintu kulkas. Pastikan pula bahwa minuman botol dan jus buah tertutup rapat. Sementara, semua makanan sisa harus disimpan dalam wadah kedap udara atau dibungkus dengan plastik kedap udara sehingga makanan tidak kering atau bau.
  13. Meski saus tomat disimpan dalam kemasan bertutup, saus tomat juga memiliki umur simpan. Dalam kemasan yang belum dibuka saus akan bertahan selama 12 bulan. Untuk kemasan telah dibuka saus akan bertahan 6 bulan selama di kulkas, tetapi jika Anda menyimpannya dalam suhu ruang, saus hanya bertahan selama 1 bulan.
  14.  Saus panggang barbeque siap pakai ini dapat bertahan selama 1 tahun di suhu ruang, dengan kemasan tertutup. Untuk memperpanjang kualitasnya, sebaiknya saus disimpan di kulkas, setelah dipakai.
  15. Masa simpan es krim kemasan yang baik adalah 2-4 minggu, tetapi jika kemasan telah dibuka es krim hanya bertahan hingga 1-2 minggu. Hal yang perlu diperhatikan, jika es krim Anda telah mencair pada saat penyimpanan sebaiknya dibuang. Kondisi cair es krim sangat mudah terkontaminasi bakteri.
  16. Selama penyimpanannya baik, sayuran ini dapat bertahan selama 10-12 bulan. Sayuran beku harus disimpan dalam kantung kedap udara dan menyimpannya dalam freezer. Dan hanya dikeluarkan pada saat akan digunakan.
  17. Udang rebusUdang yang telah dimasak setengah matang dan disimpan dalam freezer, dapat bertahan selama 10-12 bulan. Udang yang telah dimasak akan lebih tahan lama disimpan dibandingkan dengan udang mentah.

Semoga bermanfaat ya cuters.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here