Home Tips Tips Menyimpan Roti Agar Tidak Mudah Mengeras

Tips Menyimpan Roti Agar Tidak Mudah Mengeras

107
0

Roti adalah salah satu makanan yang sering dinikmati sebagai makanan pokok selain nasi. Rasanya yang lembut dan dapat diisi dengan berbagai macam isian lezat. Sayangnya, roti tidak bisa bertahan lama dan cepat mengeras bila Anda tidak tepat saat menyimpannya. Dilansir dari laman bogasari.com, beberapat tips agar roti lebih awet dan tetap empuk saat dinikmati. Yuk simak rahasianya Cuters!

Jangan Terburu-Buru Dibuka

Bila Anda membeli roti yang masih terbungkus kantong plastik/kertas dan belum ingin dinikmati, jangan terburu-buru untuk membukanya. Kantong yang digunakan untuk membungkus roti bertujuan untuk menjaga kesegaran dan kelembaban pada roti sehingga dia tetap empuk dan tidak cepat kering. Jika roti sudah dibuka dari kantong pembungkus dan masih tersisa, simpan kembali dalam kantong lalu ikat dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kantong.

Simpan di Dalam Kulkas

Saat Anda akan menyimpan roti di dalam kulkas, ada keuntungan yang akan Anda dapatkan, roti akan lebih tahan lama selama 4-7 hari. Pastikan saat Anda memasukkan roti di dalam kulkas, roti tersebut telah terbungkus di dalam kantong atau wadah yang kedap udara agar tidak cepat kering dan keras. Perhatikan untuk roti dengan isian seperti ayam, daging, ikan dan sayur, roti tersebut lebih mudah basi ketimbang roti dengan isian cokelat, keju, dan selai. Pisahkan keduanya dan beri tanda.

Masukkan Ke Dalam Kotak Roti

Anda yang sering menikmati roti dan ingin selalu menjaga kesegaran roti bisa membeli sebuah kotak yang khusus digunakan untuk menyimpan roti. Kotak tersebut biasanya memiliki ukuran yang besar dan cukup untuk menyimpan kue buatan sendiri dengan ukuran besar. Tidak hanya itu, kotak roti memiliki tombol kalender yang dapat digunakan sebagai penanda yang bisa Anda atur sebagai pengingat sudah berapa hari roti yang Anda simpan di dalam kotak.

Membekukan Roti

Roti yang akan dinikmati beberapa bulan ke depan dapat Anda masukkan ke dalam freezer. Pastikan roti yang Anda masukkan ke dalam freezer telah Anda masukkan terlebih dahulu ke dalam kotak atau plastik pembungkus roti. Roti yang dimasukkan ke dalam freezer bisa bertahan selama 3 – 4 bulan. Jika Anda membeli roti yang telah berada di dalam kemasan pembungkus, akan lebih baik jika Anda memasukkan roti yang belum Anda lepas dari pembungkus aslinya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here