Home Tips Tips Merawat Boneka

Tips Merawat Boneka

1009
0

Tips Merawat Boneka

boneka

Bagi perempuan, boneka bukanlah mainan yang hanya dimiliki oleh anak kecil. Tetapi teman curhat juga.

Boneka juga merupakan hadiah ulang tahun yang sering diminta oleh kaum wanita. Tetapi terkadang koleksi boneka yang terlalu banyak membuatnya tidak bisa merawat kebersihan para boneka ini.

Berikut adalah beberapa tips merawat boneka yang mungkin akan membantu Anda dalam mengatasi masalah merawat boneka, diantaranya:

  1. Bersihkan dengan lap basah
    Jika boneka Anda terlihat mulai berdebu, mulailah membersihkannya dengan lap yang sudah dibasahi air. Usap-usapkan tipis-tipis secara merata pada seluruh bagian tubuh boneka agar debu-debu halus dapat terangkat.
  2. Gunakan selotip
    Anda juga bisa menggunakan selotip untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh boneka. Dengan menempel dan membuka selotip maka kotoran yang ada pada tubuh boneka akan menempel pada selotip tersebut.
  3. Cuci boneka secara berkala
    Pastikan bahwa Anda mencuci boneka secara teratur dalam rentang waktu tertentu, misalnya satu atau dua bulan sekali. Mencuci boneka bisa dilakukan dengan mesin cuci atau dengan cara manual. Hal tersebut tergantung pada bahan boneka itu sendiri. Maka, sebelum memutuskan untuk mencuci boneka, Anda harus memastikan bahan boneka dan cara pencuciannya. Anda juga bisa membawa koleksi boneka ke laundry-laundry terdekat yang mengetahui secara professional bagaimana mencuci boneka-boneka tersebut.
  4. Perhatikan aturan mencuci
    Jika Anda mencuci boneka di rumah, sangat penting untuk memperhatikan aturan pencuciannya. Misalnya, jangan menggunakan detergen yang berformula keras, jangan gunakan pemutih, dan jangan menjemur boneka di bawah terik matahari. Pasalnya, cara-cara tersebut justru akan merusak boneka Anda.
    Detergen yang formulanya lebih keras berpotensi merusak kelembutan bulu-bulu boneka. Sedangkan penggunaan pemutih jelas akan merusak warna boneka dan membuat boneka lebih kusam, Sama halnya ketika menjemur boneka di bawah terik matahari yang menyengat. Akan lebih baik jika Anda menjemur boneka di tempat yang teduh dan terkena angin.
  5. Teknik menyimpan boneka
    Jika boneka telah cukup kering setelah dicuci, sisir dan rapikan bulu-bulu boneka tersebut. Kemudian, jika kira-kira ingin menyimpan boneka dalam jangka waktu yang lama sebaiknya gunakan plastik atau paperbag sebagai wadah. Jangan lupa pula untuk meletakkan beberapa kapur barus agar boneka tetap awet dan tidak berbau apek. Pastikan bahwa wadah atau lemari tempat Anda menyimpan boneka aman dari binatang pengganggu yang mungkin merusak boneka Anda.

Nah, semoga bermanfaat cuters, semoga koleksi boneka kalian tetap bersih dan cantik, dan tidak menimbun kuman yang menyebabkan penyakit. 🙂

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here