Home Fashion Tips Merawat Koleksi Jilbab Anda

Tips Merawat Koleksi Jilbab Anda

725
0

Tips Merawat Koleksi Jilbab Anda

tips merawat koleksi jilbab anda

Jilbab bukan lagi pakaian yang dipandang sebelah mata. Jilbab saat ini sudah masuk dunia fashion. Anda bisa bereksperimen dengan warna motif  sesuka hati. Nah, pertanyaannya berapa jumlah koleksi jilbab anda? Dan apakah semuanya terawat? Well, jangan-jangan saking banyaknya terkadang ada beberapa yang jadi jarang terpakai. Dan karena disimpan lama di lemari, ia jadi berjamur, atau kehilangan warna indahnya. Sayang kan?

Nah berikut ini tips merawat jilbab berdasarkan jenis jilbabnya

  1. Jilbab Paris
    Jilbab semacam ini biasanya bahannya tipis dan nyaman. Untuk mencucinya, Anda cukup menggunakan air sabun ketimbang deterjen. Jangan mengucek terlalu keras bila ada noda yang tertinggal. Jemur jilbab di tempat yang rindang sehingga tidak terpapar sinar matahari langsung. Begitu pula dengan menyetrika, gunakan suhu yang sedang hingga rendah. Jangan langsung menggosok jilbab, tapi coba dulu pada alas setrika untuk mengukur suhu panas setrika.
  2. Jilbab Bahan Kaos/Rayon
    Jilbab rayon/kaos bisanya memiliki elastisitas atau kelenturan yang baik, namun jangan terlalu sering membuatnya tertarik karena bisa membuat bahan menjadi molor dan tidak bagus bentuknya. Karena warna jilbab kaos cukup pekat, sendirikan saat mencuci agar tidak luntur. Cara mencuci dan menjemurnya tidak berbeda dengan jilbab paris, hanya saja, kita bisa menggunakan deterjen sebagai pembersih. Setrika dengan suhu sedang karena bahannya cukup tebal.
  3. Jilbab Chiffon
    Jilbab chiffon sangat ringan dan butuh perawatan khusus. Untuk membersihkan bahan semacam ini, kita harus mencucinya dengan manual dan menggunakan air sabun. Menguceknya pun harus sangat hati-hati agar tidak mengubah bentuk dan warna bila chiffon Anda memiliki corak. Segera cuci kerudung setelah Anda menggunakannya seharian dan saat menyetrika, lapisi dengan kain agar tidak berinteraksi langsung dengan panas setrika.
  4. Jilbab berpayet
    Hindari menggunakan deterjen. Pakai lah larutan air dan shampoo, namun jangan pula merendam terlalu lama. Jangan memeras bagian yang berpayet karena bisa jadi merusak tatanannya. Jemur dengan diangin-anginkan sudah cukup untuk menjaga bentuk dan warna jilbab payet.
  5. Jilbab Viscose
    Jilbab seperti ini terasa lembut dan dingin di kulit, warnanya juga sedikit mengkilap dan mirip seperti rajutan. Untuk merawat jilbab ini, jangan merendam terlalu lama karena bisa merusak jilbab. Jemur dengan diangin-anginkan dan setrika dengan panas rendah sudah bisa membuat jilbab Anda licin. Perhatikan penggunaan peniti, bros dan jarum pentul karena beberapa viscose mudah berlubang bila disemati peniti.

Sedangkan perawatan umum pada jilbab adalah sebagai berikut :

Mencuci jilbab

  1. Jangan mencuci jilbab berbahan apapun dengan menggunakan air panas. Lebih baik gunakan air hangat apabila memang kebetulan ada noda membandel. Atau gunakan saja air dingin.
  2. Merendam jilbab tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 menit saja sebelum kemudian dicuci.
  3. Cuci handwash saja, tak perlu menggunakan mesin cuci sehingga bentuknya tidak berubah.
  4. Pisahkan warna jilbab yang akan dicuci sehingga warnanya tidak luntur.
  5. Pakai deterjen yang lembut agar warnanya tetap cerah dan tidak mudah pudar.

Menjemur jilbab

  1. Setelah dicuci, mengeringkannya juga harus dengan cara yang benar. Mengeringkan berbagai macam hijab, baiknya tidak diperas terlalu kuat.
  2. Menjemurnya diangin-anginkan saja, jangan langsung di bawah terik matahari agar warnanya tidak mudah pudar.
  3. Lebih baik saat menjemur tidak dilipat sehingga tidak meninggalkan bekas lipatan di kain.
  4. Setelah kering, ada beberapa jilbab yang bisa dilembutkan lagi dengan setrika dan ada yang tidak. Bagi yang bisa disetrika, gunakan suhu paling rendah untuk merapikan.
  5. Simpan dalam plastik khusus apabila memang jarang dipakai. Disarankan menggunakan plastik klip saja sehingga tidak harus sering ganti. Anda bisa menggulung dan menyimpannya dalam box atau menyimpannya pada hijab storage.
  6. Kemudian rapikan di dalam lemari sesuai dengan kode yang Anda berikan agar mempermudah mencarinya.

Semoga jilbabmu dapat terawat dengan baik ya cuters!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here