Home Fashion Tips Merawat Tas Kulit

Tips Merawat Tas Kulit

138
0

Tas merupakan salah satu fashion item yang tak boleh ketinggalan dalam setiap penampilan kita. Sebab, tas menjadi pelengkap yang membuat style kita semakin sempurna.

Karena fungsinya yang krusial ini, tas juga dibuat dalam berbagai macam model dan dari berbagai macam bahan. Seperti dilansir dalam laman www.overstock.com, salah satu bahan pembuat tas yang menjadi favorit sebagian wanita adalah bahan kulit. Ya. Meski dibandrol dengan harga yang cukup mahal, tas kulit tidak kehilangan pesonanya di mata para penggemarnya.

Karena harganya yang cukup mahal, tas kulit memerlukan tips perawatan khusus agar tak cepat rusak walau dipakai berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama. Nah, bagaimana cara merawat tas kulit dengan benar? Yuk cuters, simak tips berikut.

Hindari Pemakaian di bawah Terik Matahari

Tas berbahan kulit sangat rentan akan retak pada bagian luarnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindarkan tas kulit Anda dari paparan matahari secara langsung, terutama dalam waktu yang lama.  Selain merusak tesktur kulit, sinar matahari juga dapat membuat warna tas menjadi lebih cepat pudar dan kusam. Pastinya Anda nggak mau kan tas kulit kesayangan Anda menjadi terlihat seperti tas lama karena warnanya yang kusam?

So, jika Anda akan berkegiatan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari sebaiknya gunakan tas dengan bahan lain seperti bahan kain, denim dan sebagainya.

Jauhkan dari Air

Jika tidak ingin tas kulit Anda lebih awet dipakai, hindari meletakkan tas kamu di tempat yang lembab, apalagi terkena air. Air ataupun tempat yang lembab merupakan tempat yang subur untuk jamur tumbuh. Selain itu, meletakkannya di tempat yang lembab juga dapat menimbulkan bau apek yang tidak sedap pada tas kulit.

Gunakan Kamper atau Silica Gel saat Menyimpan

Jika Anda menyimpan tas kulit favorit Anda , simpanlah di dalam lemari yang dilengkapi dengan kamper atau silica gel untuk menyerap kelembaban. Selain menghindarkan tas kulit dari jamur, kamper atau silica gel ini juga dapat menghindari tas kulit Anda dari binatang-binatang kecil seperti ngengat yang dapat memakan bagian luar tas.

Hindari Penyimpanan dalam Kantung Plastik

Plastik merupakan musuh terbesar untuk bahan kulit. Jika disimpan di dalam atau bersentuhan dengan plastik, bahan plastik ini dapat menyerap warna pada kulit luar tas. Akhirnya akan muncul noda seperti jamur pada tas, bahkan kulit tas akan mengelupas jika menempel dengan bahan plastik dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan tas penyimpanan yang berbentuk kain, yang tentunya juga akan memperlancar sirkulasi udara yang masuk.

Bersihkan dengan Lotion

Sebenarnya tas berbahan kulit jauh lebih mudah dibersihkan daripada bahan lainnya. Tidak perlu dicuci menggunakan air dan deterjen. Jika muncul noda atau jamur pada tas kulit, Anda hanya perlu membersihkannya dengan lotion, sabun khusus untuk kulit atau bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon. Namun jangan langsung mengoleskannya ke tas, oleskan lotion, sabun, minyak zaitun ataupun perasan jeruk lemon pada kain lembut terlebih dahulu, lalu gunakan untuk membersihkan jamur atau noda pada tas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat tas kulit favorit cuters jadi lebih awet meski dipakai berkali-kali dan dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here