Home Kesehatan Tips Pilih Menu Sahur Sehat

Tips Pilih Menu Sahur Sehat

249
0

Tips Pilih Menu Sahur Sehat

Pilih Menu Sahur Sehat

Memilih makanan pada saat sahur susah-susah gampang. Berbeda dengan saat berbuka, yang segala macam makanan tersedia. Pada saat sahur, makanan yang dipilih harus memenusi nutrisi sepanjang hari. Berikut tips untuk memilih menu sahur yang sehat.

  1. Awali dengan minum air dan elektrolit
    Saat anda tidur di malam hari, tubuh juga kehilangan cairan dalam tubuh, maka saat Anda bangun dan bersiap sahur, baiknya Anda memulainya dengan minum cukup air dan elektrolit. Mulailah dengan jus buah manis tanpa gula tambahan, atau air kelapa yang berfungsi sebagai elektrolit. Setelah itu, lanjutkan dengan meminum segelas air putih. Setelah makan, akhiri juga dengan minum cukup air putih.
  2. Pilih yang mengandung Serat
    Saat sedang berpuasa, pola asupan makanan ke dalam tubuh sedikit berubah, maka Anda perlu cukup serat untuk menjaga pencernaan tetap lancar dan membersihkan usus dari sisa daging. Selain baik untuk menjaga pencernaan, serat juga membantu tubuh kenyang lebih lama.
  3. Pilih yang mengandung Karbohidrat kompleks
    Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang tersusun dari gula-gula kompleks yang melepaskan energi tubuh secara berkala sepanjang hari. Mengonsumsi karbohidrat kompleks baik saat puasa, karena tidak menyebabkan perut terasa kenyang berlebihan dan tidak cepat dipecah sehingga menyebabkan rasa kantuk. Karena energi yang dilepaskan secara berkala dan perlahan-lahan, tubuh Anda masih bisa menggunakan cadangan energi dari karbohidrat kompleks, meski sudah berpuasa seharian penuh. Karbohidrat kompleks didapatkan dari bahan-bahan makanan seperti ubi, beras merah, jagung, kentang, dan gandum.
  4. Jangan lupakan kandungan Protein
    Baiknya, hindari pengolahan makanan dengan cara digoreng atau yang banyak mengandung santan berlemak. Asupan protein dari sayur, buah, dan kacang-kacangan juga cocok dipilih untuk sahur.
  5. Hindari konsumsi berlebihan
    Jangan berpikir untuk memperoleh energi yang cukup besar ialah dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Terutama makanan yang banyak mengandung gula (karbohidrat sederhana) dan lemak. Karena hal ini mengakibatkan Anda menjadi lemas dan mengantuk setelahnya. Yang penting itu kelengkapan gizi dan kulitas asupan, bukan melulu kuantitasnya.

Pilihan Menu:

1. sup atau soto ayam, nasi merah, dan buah.

2. Otameal, pisang, telur rebus, dan buah.

3. Jus buah tanpa gula tambahan, roti gandum + selai kacang/ madu, dan telur rebus.

4. Bubur kacang hijau, telur setengah matang, dan buah.

 

sumber : adaptasi dari blibli

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here