Home Event Tips Saat Mudik

Tips Saat Mudik

345
0

Tips Saat Mudik

tips saat mudik

Di Indonesia, hal yang paling ramai dibicarakan menjelang Idul Fitri adalah mudik. Yup, mudik adalah kegiatan di mana orang-orang pulang menuju kampung halaman. Biasanya mudik akan menyebabkan jalanan macet, potensi terjadi kecelakaan juga cukup sering terjadi. Nah tentunya anda tidak ingin mengalami hambatan saat mudik bukan? Berikut ada beberapa tips saat mudik :

  1. Persiapkan transportasi yang digunakan
    Jika Anda mudik menggunakan transportasi umum, pesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Selain itu agar Anda lebih bisa memilih sarana transportasi yang nyaman selama perjalanan. Nah, kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek keamanan kendaraan jauh-jauh hari. Periksakan ke bengkel untuk service dan mengecek bagian terkecilnya. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan saat Anda mudik nanti.
  2. Atur Anggaran Biaya Dengan Cermat
    Buat daftar anggaran biaya yang harus Anda keluarkan dengan baik. Baik dana yang akan digunakan untuk transportasi, oleh-oleh, anpao dll. Agar tidak bingung dan berakhir dengan uang yang habis tanpa alasan yang jelas. Yang terpenting, jangan memaksakan kebutuhan yang tidak bisa Anda penuhi.
  3. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang
    Hal tersebut akan merepotkan saat melakukan perjalanan, kecuali jika Anda membawa mobil pribadi. Meski begitu tetap saja, sebaiknya membawa barang secukupnya. Anda dapat mengirim sebagian barang melalui jasa pengiriman kilat jika memang terkondisikan untuk membawa barang-barang yang cukup banyak. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter.
  4. Pelajari jalur alternatif
    Bagi Anda yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu jalur alternatif. Karena saat mudik tiba, banyak jalanan yang macet, dan untuk menghemat waktu anda sebaiknya anda juga perlu mempelajari jalur alternatif.
  5. Siapkan Kondisi Fisik
    Terlalu heboh mempersiapkan mudik, jangan sampai membuat kondisi kesehatan Anda jadi menurun saat hari H keberangkatan. Siapkan plastik, obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan Anda.
  6. Berdoa dan Tetap Memberi Kabar
    Terakhir yang tidak boleh dilupakan, jangan pernah lupa sebelum melakukan mudik atau sebuah perjalanan. Selain itu, kabari terus keluarga dan beritahu kondisi serta letak di mana Anda berada saat itu. Agar keberadaan Anda bisa terus terpantau dengan baik.

Semoga mudiknya berjalan lancar dan selamat ya cuters 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here