Home Tips Tips Sebelum Mengolah Gurame

Tips Sebelum Mengolah Gurame

65
0

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup banayak penggemarnya. Mengolah jenis ikan ini memang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit.

Bagi Cuters yang ingin mengolah ikan gurame sendiri di rumah, berikut ada beberapa tips agar sajian ikan gurame Ladies nikmat dan menggugah selera seperti yang dilansir dalam laman resepmasakanhalal.blogspot.com.

  1. Pastikan bahwa ikan gurame yang akan diolah merupakan ikan segar. Akan lebih baik lagi jika Cuters membeli ikan gurame yang akan dimasak masih dalam keadaan hidup.
  2. Saat membeli ikan, pilihlah yang berciri-ciri berikut : Sisiknya masih melekat kuat, matanya berwarna cerah dan menonjol, badannya kenyal, maksudnya jika ditekan dagingnya akan cepat kembali, dan baunya segar khas ikan.
  3. Olah ikan gurame yang sudah waktu panen dengan berat kurang lebih 500 gram. Sebab, ikan gurame yang terlalu tua dan besar biasanya memiliki rasa yang kurang gurih.
  4. Terkadang ikan gurame berbau tanah. Jika ikan gurame yang Cuters beli berbau tanah atau lumpur, maka lebih baik ikan yang demikian diolah dengn bumbu yang tajam, sebab aroma bumbu yang tajam tersebut dapat mengurangi bau lumpur yang ada pada ikan gurame.
  5. Jika ikan masih dalam keadaan hidup, berok/puasakan ikan beberapa hari sebelum diolah dalam air payau. Langkah tersebut dapat membantu meminimalkan bau tanah pada ikan.

Cuters sudah tahu kan bagaimana tips dan trik untuk mengoleh ikan gurame. Selamat mencoba memasak gurame dengan resep yang akan selanjutnya Cute Abis berikan untuk Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here