Home Resep Tips Sukses Bikin Bolu dan Cake

Tips Sukses Bikin Bolu dan Cake

470
0

Tips Sukses Bikin Bolu dan Cake

Tips Sukses Bikin Bolu dan Cake

Valentine sudah lewat. Tetapi tidak ada salahnya cuters untuk membuat cake atau bolu. Bagi yang sudah ahli, resep pun sudah di dapal. Tetapi bagi pemula bagaimana? Tenang cuters, berikut ini ada tips sukses untuk bikin bolu atau cake. Ada lima tips yang perlu diperhatikan.

  1. Mengocok adonan
    Saat pertama kali mengocok telur, gunakan kecepatan rendah agar telur menyatu dengan bahan lain, seperti gula dan emulsifer. Setelah itu, naikkan kecepatan untuk mengembangkan adonan, baru kecepatan tertinggi untuk mengokohkan adonan.
  2. Mengaduk adonan
    Masukkan bahan kering (tepung) ke kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Aduk perlahan dengan spatula mulai dari permukaan paling atas adonan hingga menyentuh dasar kom agar tidak ada cairan atau tepung yang mengelilingi kom adonan (atas-bawah-menyamping). Gerakan jangan terlalu keras karena adonan akan kempis.
  3. Menuang adonan
    Tips sukses bikin bolu dan cake juga mencakup aturan menuang adonan. Jika didalam resep menggunkan cairan, seperti lemak cair, susu cair dan santan, tuang ke adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula.
  4. Memanggang adonan
    Sebelum adonan kue dipanggang, panaskan oven terlebih dahulu 5-10 menit agar proses pengembangan kue sempuna. Suhu yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kue yang dibuat, selalu ikuti petunjuk resep. Pada saat adonan dimasukkan kedalam oven, suhu tidak boleh terlalu tinggi karena bagian pinggir kue cepat gosong, sementara bagian dalam kue mentah. Namun, jangan juga terlalu rendah karena mengakibatkan kue bantat. Jangan membuka pintu oven sebelum adonan mengembang sempurna karena adonan kue akan turun (kempis).
  5. Menghias
    Sebelum menghias kue, pastikan bolu dan cake dalam kondisi dingin agar buttercream atau ganache tidak meleleh. Jika bagian tengah cake diisi dengan selai (krim), belah kue terlebih dahulu. Gunakan pisau bergerigi, gergaji kue, atau benang. Beri tanda di sekeliling kue dengan lidi atau goresan pisau, lalu belah perlahan agar hasilnya lurus. Bersihkan remahan kue agar permukaan kue yang dipoles terlihat rapi.

Bagaimana? Siapa mempraktikan kelima tips sukses bikin bolu dan cakedi atas? Semoga beruntung cuters 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here