Home Tips Tips Tepat untuk Mencuci Gorden

Tips Tepat untuk Mencuci Gorden

519
0

Tips Tepat untuk Mencuci Gorden

Tips Tepat untuk Mencuci Gorden
Gorden adalah kain yang berfungsi sebagai penutup jendela dari dalam rumah. Karena letaknya yang tidak tertutup, gorden selalu mudah menjadi sarang debu. Selain warnanya menjadi kusam, juga tidak baik untuk kesehatan.

Untuk mencuci gorden ini tentunya dibutuhkan tenaga ekstra. Karena selain bentuknya yang besar juga debu-debu yang menempel sangat banyak.

Namun ada beberapa tips yang bisa Anda praktikan di rumah saat mencuci gorden :

  1. Rendam Gorden Sebelum Dicuci
    Mencuci gorden bisa dengan cara manual (menggunakan tangan) atau dengan mesin cuci. Namun ada beberapa bahan gorden yang harus dicuci kering (dry clean). Untuk hasil yang lebih bersih, rendam dulu gorden dalam air. Agar kotoran yang menempel hilang. Kemudian cuci gorden dengan deterjen.
  2. Cuci Gorden Sesuai Bahan
    Beberapa bahan gorden tidak baik jika dicuci dengan mesin cuci ataupun disikat. Sebelum memilih, sebaiknya Anda tanyakan dulu bagaimana cara mencuci gorden dengan bahan terkait. Salah dalam mencuci bisa merusak kain menjadi berbulu atau menyusut.
  3. Anda bisa mencuci gorden yang polos (tanpa rumbai atau bordir) dengan mesin cuci. Untuk gorden yang berumbai dan berbordir, cucilah dengan tangan. Tidak disarankan menggunakan mesin cuci ataupun disikat. Agar tidak merusak rumbai atau bordir pada gorden.
  4. Gorden dari bahan chenille harus dicuci kering (dry clean), karena jika dicuci dengan cara biasa kainnya akan menciut atau menyusut. Untuk gorden berbahan beludru, bisa Anda cuci sendiri. Namun jangan memelintirnya saat memeras, sebab akan membuat bulu-bulunya rontok.
  5. Jika gorden Anda dilengkapi pelmet, cukup siram dengan air. Lalu sikat dengan sikat berbulu halus, supaya tidak merusak kain kerasnya.
  6. Lain halnya dengan gorden yang memiliki renda berwarna. Sebaiknya Anda pisahkan dulu renda dari gorden, dan mencucinya secara terpisah. Untuk menghindari warna renda luntur dan mengenai gorden.
  7. Penjemuran Poni Gorden
    Poni gorden biasanya terdiri dari renda atau yang berdesain pelmet. Cara menjemur yang baik yaitu dengan memposisikan poni gorden sama seperti saat terpasang. Bisa dengan menjepit bagian atasnya pada tali jemuran. Sehingga bentuk poni berubah, dan rendanya tidak kusut.

Semoga bermanfaat ya cuters 🙂

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here