Home Resep Trik Membuat Omelet Yang Sempurna

Trik Membuat Omelet Yang Sempurna

76
0

Telur adalah sumber protein dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tak heran jika telur menjadi menu sarapan favorit banyak orang. Tak hanya digoreng atau direbus, telur gulung atau omelet juga lezat dan cocok disantap bersama roti atau nasi di pagi hari.

Namun, terkadang memang sulit memasak omelet yang sempurna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips dan trik yang patut Anda ketahui, seperti dilansir dari Daily Meal.
Penggorengan anti lengket
Pastikan Anda menggunakan penggoren anti lengket untuk membuat omelet yang sempurna. Jika tidak, omelet akan mudah hancur dan tidak terlihat cantik saat disajikan.
Telur yang segar
Selalu gunakan telur paling segar saat membuat omelet untuk mendapatkan tekstur yang tepat. Telur yang tidak segar atau yang sudah lama disimpan di lemari es mengalami perpecahan membran sehingga putih telurnya menjadi cair dan saat dimasak teksturnya menjadi sangat lembek.
Tambahkan air dan susu
Setelah memasukkan telur ke dalam mangkuk, tambahkan sedikit susu atau air. Uap yang dihasilkan dari air atau susu saat proses memasak akan mencegah omelet Anda berubah warna menjadi coklat atau terlalu matang.
Gunakan garpu
Garpu sangat disarankan untuk digunakan saat mengocok telur, ketimbang pengocok manual. Itu karena tujuannya adalah mencampurkan putih dan kuning telur, bukan menambahkan udara ke dalam telur seperti ketika Anda membuat kue.
Gunakan mentega
Panaskan wajan atau penggorengan anti lengket di atas api sedang dan masukkan sedikit butter. Jangan tunggu butter mendesis, Anda bisa langsung memasukkan telur ketika terlihat gelembung-gelembung kecil di penggorengan.
Tambahkan bumbu
Tambahkan bumbu sesuai selera. Namun, Anda disarankan hanya menambahkan garam dan lada agar cita rasa omelet tetap klasik. taburi bumbu dengan rata sebelum mengaduk telur.
 
Diamkan omelet satu menit setelah matang
Setelah matang, matikan api dan diamkan omelet kira-kira selama satu menit sebelum disajikan. Ini juga menjadi saat yang tepat untuk menambahkan topping, mulai dari keju, ham atau sayur-sayuram. Anda bisa menyalakan api kembali setelah menambahkan topping dan gulung omelet Anda.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here