Home Fashion Wasapadalah Terhadap Bahan Kosmetik Berpotensi Haram

Wasapadalah Terhadap Bahan Kosmetik Berpotensi Haram

254
0

Wasapadalah Terhadap Bahan Kosmetik Berpotensi Haram

Wasapadalah Terhadap Bahan Kosmetik Berpotensi Haram

hai cuters, label ‘halal’ sudah diwajibkan untuk seluruh umat muslim di dunia ini. Karena sesuatu yang haram bisa memicu kejelekan dalam tubuh dan perilaku. Namun, sudahkan anda tahu bahwa banyak dari kosmetik yang menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan. Yang perlu disayangkan adalah apabila hewan tersebut adalah babi. Maka dari itu cermati bahan-bahan yang ada dalam kosmetika nda.

  1. Asam Lemak
    Turunan dari bahan ini sering digunakan dalam kosemtik. Ada kemungkinan asam lemak ini berasal dari tumbuhan maupun hewan. Bila berasal dari hewan perlu diwaspadai. Sebab bisa saja berasal dari lemak babi atau hewan yang tak disembelih. Turunan asam lemak ini yaitu lauric acid, palmitic acid. Banyak terdapat pada produk seprti lotion dan sunblock.
  2. Kolagen
    Bahan yang sering diklaim sebagai bahan yang mampu membuat anda awet muda. Namun sebenarnya kolagen ini terbuat dari hewan, yaitu bagian kulit dan jaringan ikat hewan yang melalui proses hidrolis menghasilkan bahan yang mengandung protein ini. Sayangnya pihak produsen tidak pernah menyebutkan kolagen yang terkandung dalam produknya bersal dari hewan  apa.
  3. Plasenta
    Pernah dengan kata ini? Ibu yang pernah hamil pasti pernah. Karena plasenta adalah organ di dalam tubuh. Yaitu organ yang berfungsi menyuplai asupan makanan pada janin, plasenta mengandung hromon yang kaya akan nutrisi.
  4. Gliserin
    Bahan ini berasal dari turunan lemak hewan. Biasanya digunakan sebagai pelarut kosmetika dan berfungsi sebagai pelembab. Terdapat pada produk sabun, masker, pasta gigi dll.
  5. Keratin
    Berasal dari rambut manusia dan sering ditemukan pada pewarna rambut maupun kosmetika yang lain.
  6. ALbumin
    Dikenal sebagai zat putih telur, namun albumin juga dapat berasal dari serum darah manusia yang banyak digunakan sebagai pelarut bahan aktif kosmetika seperti botox.
  7. Elastin
    Elastin adalah jaringan ikat kulit yang mirip dengan kolagen . Fungsinya pun tak jauh beda dengan kolagen dan biasa dipakai untuk produk perawatan kulit dan rambut
  8. Asam Hialuronat
    Berasal dari organ tubuh manusia yaitu cairan mata dan tali janin. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan lazim digunakan untuk krim pemutih.
  9. Wax (lilin)
    Bahan ini dapat berasal dari tumbuhan maupun hewan yang berguna untuk menampilakn efek mengkilap. Terdapat pada produk lipstik dan perawatan rambut.
  10. Allantoin
    Ditemukan pad janin, air seni anjing, benih gandum, dan cacing tanah. Fungsinya untuk menjaga kelembapan dan mentatasi iritasi kulit. Biasanay terdapoa pada produk krim pelembab, bahan sampo antiketombe, pasta gigi, deodorant hingga krim antiiritasi untuk bayi. Bentuk turunanya antara lain adalah aluminiumchlothydroxyallantoinate, aluminiumhydroxyallantoinate dll
  11. Gelatin
    Bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Bila berasal dari hewan perlu diwaspadai karena banyak yang berasal dari babi. Bahan ini digunakan sebagai dari vitamin yang sifatnya tidak stabil sehingga perlu dilapisi dengan gelatin supaya stabil.


SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here