Home Kesehatan Waspada Tisu Kamar mandi berbahaya

Waspada Tisu Kamar mandi berbahaya

82
0

Tisu merupakan salah satu benda yang kerap kali ada di kamar mandi. Karena, tisu bermanfaat untuk menjadi alat pengering bagian tubuh yang basah. Biasanya, tisu kamar mandi dipakai untuk mengeringkan atau mengelap organ intim sehabis buang air kecil atau buang air besar. Memang, tisu sangat bermanfaat dan memudahkan setiap orang untuk selalu bersih dan tubuhnya selalu kering.

Tapi Cuters, di balik manfaat luar biasa tisu, ternyata ada beberapa bahaya dari tisu lho. Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa bahaya tersembunyi di balik kertas tisu kamar mandi. Beberapa bahaya tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kandungan Zat Kimia Pada Tisu Menyebabkan Iritasi

    Sadar atau tidak, tisu merupakan benda yang bisa menyebabkan kulit sekitar organ intim mudah mengalami iritasi. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan jika di dalam tisu mengandung Formaldehyde, sebuah zat kimia yang tak hanya meningkatkan risiko iritasi tetapi juga bisa menyebabkan kanker. Bukan hanya formaldehyde, tisu juga merupakan benda yang mengandung zat kimia lain dimana zat kimia ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

  • Tisu Berbahan Dasar Kertas Daur Ulang Menyebabkan Pertumbuhan Bakteri

    Menurut beberapa penelitian, tidak sedikit tisu kamar mandi yang terbuat dari kertas daur ulang. Sementara itu, kertas daur ulang kemungkinan besar mengandung bakteri maupun kuman yang sangat berbahaya dan bisa berkembang dan tumbuh semakin cepat.

  • Bahan Pemutih Pada Tisu Buruk Buat Kesehatan

    Studi yang dipublikasikan di jurnal Environnmental Science and Technology menyebutkan jika tidak sedikit tisu kamar mandi atau toilet yang mengandung bahan pemutih di dalamnya. Sekilas, tisu yang mengandung pemutih terlihat sangat bersih dan sehat. Namun jangan salah, tisu ini justru sangat berbahaya buat kesehatan. Tisu ini juga memungkinkan seseorang berisiko menderita kanker lebih besar saat menggunakan tisu dalam jangka waktu yang panjang (lama).

Cuters, itulah bahaya tersembunyi di balik tisu. Semoga informasi ini bermanfaat. Agar tisu kamar mandi tidak terlalu berbahaya, pastikan bahwa Anda menggunakan tisu yang benar-benar bersih dan tidak mengandung zat kimia berlebih. Usahakan pula agar tidak menggunakan tisu daur ulang atau pun tisu yang mengandung pemutih.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here